Senin, 25 November 2013

Merubah file *.tar menjadi *.deb

Mungkin sebagian dari anda pengguna ubuntu sudah tahu cara menginstal file berformat "Tar.", Tar adalah compresed file seperti "zip, & rar" pada windows jadi kita harus mengextract file tersebut dengan cara mengklik kanan pada file yg akan kita extract lalu pilih "extract here".

Tapi di sini saya akan menjelaskan cara merubah file Tar menjadi deb mungkin akan sedikit ribet tapi ini sangat berguna bagi anda pengguna ubuntu yang belum terbiasa dengan file Tar.

Langsung aja, ke T.K.P :

  • Langkah pertama tentu saja mendownload file Tar yang anda inginkan
  • Langkah kedua, mengubah format tar. menjadi .deb. Untuk mengubah format file tar menjadi .deb, kamu harus menginstall perintah alien. Untuk menginstall perintah alien, ketikkan sudo apt-get install alien di terminal. maka langkah berikutnya adalah masuk ke folder tersebut dengan mengetikkan "cd /home/nama user/nama folder tempat anda menyimpan file Tar tersebut" di terminal. contoh :  cd /home/indra/Downloads Langkah berikutnya adalah mengetikkan perintah sudo alien -d nama_file.tar.bz2.

Setelah proses konversi tersebut selesai akan menghasilkan file nama_file_all.deb. di folder tempat anda menjalankan konversi tersebut.

  • Langkah berikutnya mengubah kepemilikan file tersebut dari root menjadi user name kamu. Ketikkan perintah sudo chown nama user kamu nama_file_all.deb atau bisa juga dengan perintah sudo chmod 777 nama user nama_file_all.deb
  • Langkah terakhir adalah menginstall file .deb tersebut dengan melakukan double klik file tersebut.

jika file tersebut tidak muncul di desktop anda coba cek lagi di synaptic package manager :
system->Administration->synaptic package manager lalu ketikan nama file yang telah anda install tadi, jika belum terinstall maka segera lakukan penginstallan lagi di synaptic.
Oke mass....!! sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba. :D

0 komentar:

Posting Komentar